MEDIA KOMUNIKASI MODERN

Nah, sesuai janji saya sebelumnya, saya akan mempost tentang media komunikasi modern.
Saya rasa teman teman sudah pada tau media komunikasi modern itu apa saja, dan saya akan menjabarkan tentang perkembangan media komunikasi tersebut.

  1. Telepon

Apakah telepon itu ? apakah teman teman pernah menggunakannya ? Telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jauh disana. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Alat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.
Jika semula telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone), maka sejak 3 april 1973 telah dikenal suatu teknologi dengan nama telepon genggam atau yang akrab di panggil handphone (HP). HP merupakan salah satu teknologi komunikasi yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pada awalnya HP hanya digunakan oleh kalangan tertentu, misal pengusaha. Akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer. Fungsi HP tidak hanya sebagai alat komunikasi yang efektif, tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi).
Fitur fitur yang ditawarkanpun makin beragam. Kini HP telah dilengkapi kamera digital, radio FM, pemutar musik / MP3, vidio, dan berbagai game menarik. Jadi HP adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta, dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik, dan video. Dan selain berfungsi sebagai menerima panggilan telepon, umumnya HP juga memiliki fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service; SMS). Telepon telepon yang lebih mahal juga sering menambahkan fitur layanan seperti multimedia message service (MMS) dan internet (WAP,GPRS,3G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) yang menambahka videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka.

  1. Koran [Surat Kabar]

Nah, bagi teman teman yang gemar atau suka membaca pasti tidak asing lagi dengan yang namanya koran. Apa lagi saat membaca koran ditemani dengan segelas teh maupun kopi. Hehehe J
Apa itu koran ? koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya berupa kejadian politik, olah raga, tajuk rencana, cuaca dan lain lain. Surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka teki silang (TTS), dan hiburan lainnya.
Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM (Sebelum Masehi) di kekaisaran Romawi kuno. Saat itu koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk “Acta Diurna”. Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit pertama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk “Relation”. Koran tertua di dunia yang saat ini msih terbit adalah “Post-och Inrikes Tidnigar” dari Swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645.
Oh iya, sekarang koran tidak hanya berbentuk kertas lho, tapi sekarang juga ada versi online nya di internet. Pernahkah kalian membuka salah satu website koran yang ada ?


  1. Televisi

Siapa yang tak kenal televisi ? Media komunikasi ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. Hampir seluruh rumah tangga di dunia memiliki sebuah atau lebih televisi. Tapi, apasih televisi itu ? Televisi atau yang sering di panggil TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Jadi, Televisi berarti melihat dari jarak jauh.
Penemuan TV telah mengubah peradaban dunia. Hal ini dikarenakan TV telah memberikan begitu banyak informasi kepada kita. Beragam stasiun TV yang ada saat ini dengan aneka program siarannya yang disajikan, telah menjadikan TV sebagai sumber segala informasi, berita, dan juga hiburan.
Kapan pertama kali televisi diciptakan ?
Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jika dulu kita hanya bisa menikmati televisi hitam-putih, maks sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Layar televisipun telah megalami perubahan dari televisi layar cembung ke televisi layar datar.

  1. Internet

Internet merupakan salah satu teknologi komunikasi dan informasi paling maju saat ini. Berawal dari diciptakannya jaringan komputer pada tahun 1960-an. Awalnya jaringan komputer digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata Nuklir. Setelah itu, di tahun 1970 internet benyak digunakan di universitas universitas  di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini
Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web, yaitu semacam program yang memungkinkan suara,gambar,film, dan musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tempilannya dan sangat bervariasi.
Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan komponen tertentu saj. Tetapi, saat ini orang yang berada dirumahpun bisa terhubung lewat internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon.
Selain itu, internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.internet telah memungkinkan manusia berhubungan tanpa batasan ruang dan waktu. Selain memberikan banyak manfaat, internet juga memberikan dampak negatif. Hal ini dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang terdapat dalam internet.

Komentar