Sejarah Perkembangan Komputer



Halo teman, kalo sebelumnya saya sudah membahas tentang media komunikasi kuno dan modern. Sekarang  saya akan membahas tentang sejarah  perkembangan komputer nih teman. Mau tau tentang sejarah perkembangan komputer ? kalo ga mau tau ya udah gapapa juga kok J. Hehehe. Nah mari saya terangkan tentang sejarah perkembangan komputer.  Yuk mari cekidot !

“Sejarah Perkembangan Komputer”



Komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan komputer, maka kita tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat kitung.
Sejarah perkembangan komputer berawal dari dikenalnyasuatu alat hitung sederhana yang disebut sempo (abacus). Selanjutnya, pada tahun 1917 John Napier menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9 x 9 kolom yang masing masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama tulang tulang Napier (Napier’s Bones). Di tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanik.
Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline. Pascaline menggunakan 8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
Pada tahun 1964, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhemvon Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculation Machine.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage. Babbage membuat mesin diferensial (difference engine) yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan menggunakan mesin diferensial selama sepuluh tahun, Babbage membuat komputer general purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Analytical Engine merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
Selain itu ada penemuan penemuan serupa juga, contohnya Punched card counting karya Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika pada tahun 1890. Punch card (kartu perforasi/berlubang) merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah komputer, hingga Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak komputer modern.
Pada tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melakukan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark I dan dapat dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan manusia.
Seiring perkembangan IPTEK, komputer mengalami perubahan dari generasi ke generasi. Disini akan saya kelompokan generasi komputer :

A.                      Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi ini dikembangkan saat Perang Dunia Kedua. Komputer Generasi ini memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit diprogram dan membatasi kecepatannya. Komputer generasi ini membutuhkan banyak daya. Contohnya adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang membutuhkan daya 160 KW. Ciri lain dari komputer generasi pertama adalah penggunaan Tube Vacum yang membuat ukurannya sangat besar. Selain itu,komputer pada masa itupun  memiliki silinder magnetik yang digunakan untuk menyimpan data.
Contoh contoh dari Komputer Generasi Pertama adalah “Mark I – III, IBM 702, IBM 704, IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC I, UNIVAC II, Datamatic 1000, CRC, NCR 102A, NCR 102D, Bicmac dan Bismac II”

B.                       Komputer Generasi Kedua

Pada komputer generasi kedua, Tube vakum digantikan oleh transitor. Akibatnya, ukuran komputer berkurang drastis. Pada Komputer Generasi Kedua terjadi pula perkembangan memori anti magnetik yang membantu perkembangan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan dapat lebih menghemat energi dibanding pendahulunya. Pada Komputer Generasi Kedua bahasa mesin diganti dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggunakan kode biner.
Komputer Generasi Kedua telah memiliki komponen komponen yang dapat diasosiakan dengan komponen pada saat ini, seperti : printer, penyimpanan data dalam disket, memori, sistem operasi, dan program. Pada masa ini mulai bermunculan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Seiring dengan itu, berbagai macam karier baru, seperti : Programmer, analysis, dan ahli sistem komputer bermunculan.
Yang termasuk komputer Generasi Kedua adalah : LARC, IBM 1401, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, CDC 160A, GE 645, dan GE 200.
           
C.                       Komputer Generasi Ketiga

Komponen transistor yang digunakan pada komputer generasi kedua digantikan dengan integreted circuit (IC). Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian-bagian internal komputer. IC mengombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Ilmuan pun berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Akibatnya, komputer menjadi semakin kecil.
Kemajuan komputer pada generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system). Sistem operasi ini memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasikan memori komputer. Selain itu, komputer pada generasi ketiga juga memiliki ciri harga yang lebih murah dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Yang termasuk komputer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700, GE 235, GE 600, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8, dan PDP-11.


D.                      Komputer Generasi Keempat

Pada generasi ini, tujuan pengembangan komputer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Komputer sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI). LSI dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam chip telah mendorong menurunya harga komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien, dan keterandalan komputer. Ciri lain yang dimiliki komputer pada generasi keempat adalah dikembangkannya komputermikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer pun melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang ada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan kedalam tas (laptop) atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). Selain IBM, perusahaan Apple-Macintosh atau yang akrab dikenal Mac OS mempopulerkan sistem grafis pada komputernya. Macintosh pun memperkenalkan penggunaan piranti mouse.
Yang termasuk komputer generasi keempat adalah IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, pentium, pentium II, pentium III, pentium IV, ADM k6, dan Anthlon.

Komentar