Optical Drive

Hehehe, iseng sih sebenernya n merupakan tulisan lama. Tugas kelas X kemaren.
hehehe mau tau tentang sejarah Optical Drive ? Ini Dia
Sejarah dan Perkembangannya         : Sebuah disc optik adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan membaca menggunakan bertenaga rendah laser beam. Awalnya dikembangkan pada akhir 1960-an, cakram optik pertama, dibuat oleh James T. Russell, data yang disimpan sebagai mikron seluruh titik-titik terang dan gelap. . Laser membaca titik, dan data diubah menjadi sinyal listrik, dan akhirnya ke output audio atau visual. Namun, teknologi tidak muncul di pasar sampai Philips dan Sony keluar dengan compact disc (CD) pada tahun 1982. Sejak itu, telah terjadi suksesi konstan format cakram optik, pertama dalam format CD, diikuti oleh sejumlah DVD format.
Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magnetis sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dari optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW.
Teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu:
1. Phase-change disk dimana, disk ini dilapisi oleh bahan yang dapat mengkristal(beku) menjadi crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Bagian crytalline ini lebih transparan, karenanya tembakan laser yang mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan memantul dari lapisan pemantul. Drive Phase-change disk ini menggunakan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda.
Sinar laser dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya kedalam amorphous state, sehingga dapat digunakan untuk menulis data lagi. sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus data denga cara melelehkan permukaan disknya dan membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline, sedangakan sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang telah disimpan.
2. Dye-Polimer disk yaitu , Dye-polimer merekam data dengan membuat bump(gelombang) disk dilapisi dengan bahan yang dapat enyerap sinar laser. sinar laser ini membakar spot hingga spot ini memuai dan membentuk bump(gelombang). bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser.
Produk / Merk             : Contoh dari Produk  dan Merknya adalah sebagai berikut
                



DVDRW Toshiba SuperMulti Drive - Slim, DVDROM 16x Bulk Hitam Samsung, DVDRW External Fujitsu, DVD-RW Samsung SE-S084 - Red, DVD-RW Samsung SE-S084 - Black
Kekurangan dan kelebihan-nya          :
Cakram optik menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan media penyimpan yang bersifat magnetis. Cakram optik memegang jauh lebih banyak data. Kontrol yang lebih besar dan fokus dapat dilakukan dengan sinar laser (dibandingkan dengan kepala magnetik kecil) berarti bahwa lebih banyak data dapat ditulis ke dalam ruang yang lebih kecil.Kapasitas penyimpanan meningkat dengan setiap generasi baru media optik. Muncul standar, seperti Blu-ray, menawarkan sampai 27 gigabyte (GB) di satu sisi disc 12-sentimeter. Sebagai perbandingan, sebuah disket, misalnya, dapat menahan 1,44 megabyte (MB).
Cakram optik murah untuk memproduksi dan data yang tersimpan pada mereka relatif tahan terhadap ancaman paling lingkungan, seperti lonjakan daya, atau gangguan magnetik.
yah sekian cerita dari saya yach. hehehe. Semoga membantu teman teman dan adek adek semuanya...

Komentar