Tips Gaya Hidup Sehat

 

Gaya hidup sehat merupakan salah satu kebiasaan yang gampang-gampang sulit untuk di praktekan, padahal tubuh yang sehat merupakan hal yang sangat penting untuk hidup kita. Padahal, jika dilihat lebih dalam lagi, kebiasaan tersebut sangatlah mudah untuk kita jalankan pada kehidupan sehari-hari.Karena dengan menjalankan gaya hidup yang sehat, ternyata dapat mencegah tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit dan bahkan dapat mencegah kematian dini.

Berikut ini merupakan beberapa gaya hidup sehat, diantaranya yaitu :

  1. Rutin berolahraga. Bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau TV, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik yang dapat menggerakan seluruh tubuh kita. Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat mengancam kesehatan dan bahkan jiwa anda, maka lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari untuk menggerakan tubuh anda sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan di depan komputer atau menonton televisi. Jika anda tidak sempat untuk melakukan olahraga, anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau lari pagi minimal 15 menit setiap harinya.


 

  1. Berjemur dibawah sinar matahari pagi merupakan cara paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan, karena sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D yang baik bagi tubuh anda. vitamin D sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, mencegah berbagai jenis kanker dan juga mencegah pengeroposan pada tulang.


 

  1. Bagi anda yang perokok aktif, maka hentikan kebiasaan buruk tersebut jika anda ingin memiliki tubuh sehat dan terhindar dari bahaya asap rokok. Hal ini dikarenakan, asap rokok dapat mengakibatkan serangan jantung dan gangguan pernafasan. Apalagi jika meroko dekat anak-anak atau balita yang kondisinya belum cukup kuat unuk menghisap asap rokok, sehingga mengakibatkan gangguan pada penafasannya.


 

 

  1. Hindari untuk membiasakan mengkonsumsi makanan siap saji, karena di dalam makanan siap saji mengandung pengawet yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu, lebih baiknya jika memasak lebih dahulu makanan yang akan kita konsumsi seperti memasak sup atau makanan yang kita olah dari mentah. Walaupun agak repot, tetapi sangat baik untuk kesehatan kita dan terutama bagi anak-anak.


 

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu gaya hidup sehat yang penting untuk dilakukan, hal ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh anda. buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari yaitu jeruk, semangka, pepaya, mangga, apel, brokoli, wortel, bayam dan sebagainya. Usahakan buah dan sayur yang akan kita konsumsi bebas dari pestisida, caranya yaitu dengan mencuci bersih dengan air mengalir.


 

Nah bagiamana, apakah anda tertarik untuk melakukan gaya hidup sehat ?

 

-Annisa-

Komentar