Kuliah Sembari Berbisnis

Kuliah Sambil Berbisnis, Kenapa Tidak ?

 


Banyak orang muda beerani menganbil keputusan melakukan dua hal dalam kehidupannya yang sebenarnya cukup memiliki resiko. Salah satunya adalah pelajar atau mahasiswa yang harus mengambil keputusan untuk kuliah sambil berbisnis.


Dimasa – masa seperti ini dimana persaingan begitu tinggi dan tuntutan kehidupan untuk lebih layak semakin keras, maka risiko adalah sesuatu yang harus kita hadapi dan sekaligus dicarikan solusinya. Dengan kata lain kita tidak usah takut akan risiko itu atau bahkan menghilangkan risiko itu menjadi peluang.


Banyak orang muda yang msih pelajar atau mahasiswa yang memulai berbisnis. Selain keinginan untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi. Disatu sisi mereka juga dipaksa untuk menyediakan kebutuhan ekonomi mereka, maka berusaha di saat sekolah atau kuliah adalah pilihan yang sangat mungkin dilakukan. Bahkan hal ini sudah menjadi fenomena yang ada dilingkungan kampus.


Tentu saja, keputusan tersebut diambil bukan tanpa alasan. Selain faktor ekonomi, masih ada faktor lainnya yang membuat seseorang memilih untuk bekerja sambil kuliah. Misalnya mengasah sejak awal naluri bisnisnya disaat masih muda, atau memang harus meneruskan usaha keluarga yang sudah ada.


Saat ini banyak mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Karena dalam perjalanan kuliahnya banyak membutuhkan dana tambahan, misalnya untuk biaya hidup di saat kuliah yang memang cukup mahal. Banyak mahasiswa yang ingin mencoba mandiri, karena tidak ingin merepotkan orang tua.


Nah, meskipun pilihan tersebut cukup beresiko, namun kamu tak perlu khawatir, ini beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mendorong kamu menjadi pemuda tangguh dalam kuliah dan berbisnis.


Pertama – tama kenali terlebuh dahulu keinginan kamu, sebelum menentukan mana prioritasmu, antara kuliah dan  bisnis. Apakah saat ini kamu baru mencari peluang untuk berbisnis atau justru untuk memenuhi kebutuhan kuliahmu. Hal ini penting dilakukan karena, nanti kamu harus benar – benar memilih bisnis apa yang harus kamu lakukan.


Selain itu, tentu juga waktu yang benar – benar harus kamu manfaatkan untuk agar keduanya yang kamu lakukan, yaitu kuliah dan bisnis dapat berhasil. Artinya, berhasil dalam kuliah dengan memperoleh gelar sarjana yang kamu iginkan dan juga berhasil dalam bisnis yaitu dapat untuk mencukupi kebutuhanmu atau bahkan menjadi manfaat untuk banyak orang dengan memberikan lapangan pekerjaan.


Yang tak kalah penting, adalah mempersiapkan mental kamu. Sebab dengan kuliah dambil berbisnis tentu saja akan menguras tenaga dan pikiran kamu. Kalau kamu tidak mempersiapkan mental yang kuat sejak dini, bisa jadi kamu akan terjebak dalam rasa strees. Kalau itu yang terjadi maka,  kuliahmu dan bisnismu tidak akan memcapai hasil yang maksimal.


Disamping hal – hal yang harus kamu lakukan, ada beberapa hal yang sifatnya menguntungkan bagi kamu apabila memilih bisnis sambil kuliah. Pertama tentu kamu akan mendapat banyak pengalaman yang bisa dijadikan bekal di waktu yang akan datang. Bagaimana sebenarnya dunia kerja dan bagaimana cara bergaul menjalin relasi bisnis, hal itu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.


Dengan kamu memiliki kesibukan sejak muda tentu kamu akan tertempa terus yang pada akhirnya kamu akan menjadi seseorang yang memiliki prinsip kuat. Tidak ada kamus bersantai – santai “Masa muda berfoya foya, tua kaya raya, mati masuk syurga” jelas itu merupakan kesalahan yang besar. Sebab tidak ada kesuksesan yang tidak dicapai dengan kerja keras. Mka prinsip hidup adalah salah satu kunci keberhasilan seseorang.


Nah, hal yang perlu kamu ingat benar setelah kamu berbisnis jangan sampai kamu terjebak dalam suatu kenikmatan menghasilkan uang, karena semua itu secara berlahan tapi pasti uang akan membuat kamu terlena. Ingat, selain berbisnis mendatangkan kelebihan materi, tetapi keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk kelangsungan karier di masa depan.


 

-Dian Yulia-

Komentar